Senin, 13 Februari 2017

Franchise Makanan Dan Minuman Ringan

10 Jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan dan Pengobatan


         Banyak penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh merupakan kegiatan yang sehat, sebab teh mengandung berbagai antioksidan yang membantu mencegah kanker dan memperlambat proses penuaan. Kandungan vitamin C yang ditemukan dalam beberapa jenis teh membantu melawan beberapa jenis penyakit, termasuk masuk angin

1. Teh Oolong

Teh oolong dikenal membantu proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Teh ini merupakan teh tradisional China yang dihasilkan melalui proses unik seperti: pelayuan di bawah sinar matahari yang terik dan proses oksidasi sebelum daun teh berubah melengkung dan berputar. Kemudian proses semi-fermentasi dilakukan setelah daun diletakkan di tempat teduh. Teh oolong memiliki rasa kuat dan aroma yang sangat harum seperti buah-buahan. Setelah diminum, teh ini memberikan efek nyaman dan senang. Beberapa variasi teh oolong adalah Teh Oolong Melati, Teh Olong Puncak Es, Teh Oolong Batu Wuyi, dan Teh Oolong Bulu Kepiting.

2. Teh Hijau

Teh hijau, yang memiliki faedah gizi sangat tinggi, adalah teh yang sangat terkenal; khususnya di Asia. Setelah daun teh hijau dipetik, proses selanjutnya adalah daun dikeringkan dengan udara panas. Daun kemudian digoreng sangrai namun tidak difermentasikan, sehingga kandungan gizi atau nutrisi serta vitaminnya yang tinggi dapat terjaga dengan baik. Teh hijau kaya akan vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Flouride yang terkandung di dalamnya juga membantu memperkuat tulang dan mencegah kerusakan gigi.

3. Teh Putih

Teh putih terbuat dari daun teh yang masih sangat muda dan terletak di bagian bawah pohon. Daun teh putih tidak difermentasi, namun dikukus lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Karena tidak melalui proses fermentasi, atau hanya mendapat fermentasi alamiah kecil dan karena proses alam, daun teh putih mengandung berbagai senyawa kimia yang membantu melawan kanker. Seduhan teh ini memiliki warna putih keperakan, berbau harum dan manis, serta rasa yang segar. Beberapa variasi teh putih diantaranya adalah Jarum Perak, Peony Putih, dan Jarum Perak Melati.

4. Teh Hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang lebih teroksidasi daripada teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Di dunia barat, teh hitam seringkali dicampur dengan beberapa jenis daun dan menghasilkan beberapa varian minuman teh hitam. Setelah daun teh dipetik, dilakukan proses fermentasi penuh hingga daun berwarna gelap atau kehitaman. Dengan campuran tertentu, teh hitam bisa mengandung rasa buah dan bahkan rasa pedas. Teh hitam dikenal membantu mengurangi resiko stroke. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile tergolong teh yang dibuat dari bunga-bungaan, sama seperti teh bunga lavender. Bunga chamomile memiliki aroma yang sangat harum dan termasuk ke dalam keluarga daisy. Teh ini membantu mengatasi masalah sakit gigi, insomnia, kram otot, dan membantu mengurangi pembengkakan (inflamasi) pada iritasi kulit.

6. Teh Kuncup Mawar (Rosebud)

Seperti namanya, teh jenis ini terbuat dari kuncup atau kuntum bunga mawar. Teh ini memiliki aroma mawar yang sangat harum serta rasa yang ringan namun manis. Teh rosebud biasanya diseduh dengan beberapa jenis teh yang lain. Minyak atsiri (esensial) di dalam teh ini dapat membantu proses sirkulasi di dalam tubuh.

7. Teh Paraguay Mate

Teh ini dikenal sebagai mate, kurang begitu dikenal di wilayah Asia, namun merupakan salah satu minuman kegemaran di wilayah Amerika Selatan. Paraguay Mate diseduh dengan berbagai rempah-rempah dan diminum dengan cara dihirup menggunakan sedotan yang terbuat dari buah labu. Teh ini bermanfaat dalam membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan termasuk depresi, gangguan pencernaan, dan membantu meningkatkan energi serta stamina.

8. Teh Susu

Sebenarnya ada beberapa macam teh susu, namun yang paling dikenal adalah seduhan teh susu ala India dan Srilanka, yang terbuat dari teh hitam dicampur rempah-rempah dan susu. Rempah-rempah yang dicampurkan diantaranya adalah jahe, kapulaga, dan kayu manis. Selain itu, minuman teh ini acapkali juga dicampur dengan jenis teh lain seperti teh hijau, sehingga kandungan nutrisi dan manfaatnya terhadap kesehatan sangat besar,

9. Teh Merah

Teh merah merupakan minuman tradisional di Afrika dan sangat kaya akan antioksidan. Teh jenis ini telah terbukti membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan bebas kafein.

10. Teh Wild Holy

Teh terakhir dalam daftar 10 Teh Kesehatan kali ini bukanlah jenis teh yang bisa dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Rasanya sangat pahit, dan memang ditujukan sebagai minuman pengobatan. Teh ini memiliki sederet daftar manfaat dan fungsi dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, di antaranya adalah mengeluarkan racun di dalam tubuh (detoksifikasi), membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan mengatasi obesitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar