Rabu, 08 Februari 2017

Usaha Waralaba MInuman Kopi

            Pembuatan Coklat Putih





Banyak orang gemar mengonsumsi berbagai jenis cokelat mulai dari dark chocolate atau cokelat hitam, milk chocolate atau cokelat susu dan juga white chocolate atau cokelat putih. Tahukah Anda terbuat dari apa cokelat putih?
Odie Djamil seorang ahli cokelat atau chocolatier asal Indonesia mengatakan, cokelat putih juga termasuk salah satu jenis cokelat meskipun tidak berwarna coklat.
“Banyak orang beranggapan kalau cokelat putih bukanlah produk hasil cokelat, mereka salah. Cokelat putih terbuat dari cocoa butterdan cocoa liquor meskipun dalam prosesnya ditambahkan susu, gula dan vanili,” ujar Odie ketika ditemui di Jakarta, Rabu 26 Mei 2015.
Bahan pembuat cokelat putih hampir sama dengan jenis cokelat lainnya seperti dark chocolate atau milk chocolate. Yang membedakan, hanya ketika diolah, cocoa mass yang terkandung dalam biji kokoa tidak digunakan. Cocoa mass inilah yang menjadikan warna cokelat terlihat gelap.

Odie juga mengatakan bahan dalam biji kokoa yang digunakan saat membuat cokelat putih hanyalah cocoa butter atau lemak cokelat, lemak ini berwarna bening agak kekuningan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar